Istilah-istilah dalam dunia AKB48 dan JKT48 part1


Wota

istilah ini sebenarnya sama dengan otaku, yaitu pernggemar berat subkultur seperti manga, anime, game, dsb. Otaku lebih dari sekedar fans. Mereka adalah orang yang sangat berdedikasi terhadap hobinya. Tidak akan ragu mengorbankan dirinya (imej, uangm waktu, dsb) untuk hobi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai freak/geek/nerd. Otaku untuk idol group mempunyai pengucapan yang berbeda dengan otaku anime, yaitu wota. Dan perlu diketahui bahwa istila wota tidak exclusif untuk AKB48, tetapi kebanyakan fans idol group juga mendapat sebutan yang sama (Momusu – Mowota, Jhonny’s Ent. – Janiwota).

Wotagei

sorakan atau gerakan khas fans idol group saat menonton pertunjukan idolanya. Dapat juga berupa tarian khusus.

MIX

salah satu unsur dari wotagei adalah mix. Ini adalah bentuk sorakan khas yang dilakukan para fans idol group pada bagian-bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. Mix bukan hanya milik fans AKB48 saja, tapi sudah lama mengakar di kalangan fans idol group sejak mid 90’an. termasuk di konser Z-1 dan kemudian Hello ! Project. Kata-kata MIx yang disorakan seragam dan ada standarnya.
Mix disorakan sewaktu overtur, intro (awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat. Mix berakhir sebelum idola mulai menyanyi. Mix tidak dilakukan untuk tempo lagu yang pelan, sedih, atau balada.Pada lagu yang di mulai secara tiba-tiba seperti “Heavy Rotation”, mix ditunda hingga interlude (bagian instrumental).
Ada berberapa mix yang dikenal di kalangan wota. berikut adalah mix standar untuk wota AKB48 dan group-group saudara kembarnya :
“aaaa… yossha, ikuzo! tiger, fire, cyber, fiber, diver, viber, jya jya!”, aaa…. yossha ikuzo, tiger, fire, cyber, fiber, diver, jya jya!
aaa… yossha ikuzo! (“ayo dimulai!”) adalah komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa jepang untuk kata-kata bahasa inggris, tiger fire, ciber, fiber, driver, viber. alasan kata-kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti.
Ada pula variasi mix yang mengunakan kata-kata asli bahasa jepang (Japanese mix) dan mix dari bahasa ainu (ainu mix), atau campuran dari standar, jepang, dan ainu. Kata  – kata bajhasa jepang atau bahasa ainu yang di pakai merupakan terjemahan dari tiger, fire, dan seterusnya. Ada berbagai penjelasan tentang asal usul mix, namun semuanya simpang siur bagaikan legenda urban. Mix seperti halnya wotagei yang di perkirakan berawal dari reaksi spontan atau partisipasi penonton dikonser idola jepang.
Oshimen

oshimen terdiri dari dua kata “oshi” dan “men”. oshi berarti “push/support” dan men adalah singkatan dari “menba” (member dalam arti bahasa inggris). kata ini mempunyai arti member yang paling anda dukung. Dalam banyak kasus, seorang fans bisa mempunyai banyak member favorite, tapi pasti ada satu diantara member tersebut yang paling disukai atau tidak tergantikan, inilah yang disebut dengan istilah kami-oshi.

Oshihen

kondisi dimna merubah oshi dari satu member ke member lainnya. Hal ini sering dianggap kurang sopan bagi mantan oshimen anda.

DD


Singkatan dari ‘Daredemo Daisuki’, maksudnya ‘saya suka semua’. Diterapkan untuk semua orang dengan lebih dari satu Oshimen di group yang sama.

MD

Singkatan dari ‘minn daisuki’, maksudnya ‘saya suka semua orang’. sama dengan DD, tapi dengan seorang oshimen.

Senbatsu

dalam bahasa indonesia berarti pilihan/seleksi. Sebagai group yang mempunyai member banyak, maka terasa perlu dibuatkan barisan representatif dari sekian banyak member yang ada. Mereka ini lah yang disebut sebagai senbatsu. Biasanya mereka dipilih berdasarkan popularitas dikalangan fans. Keuntungan dari member senbatsu adalah hak mereka untuk tampil di PVutama, media (majalah, TV show, event, dsb), dan tentu saja popularitas.

Senbatsu sousenkyo

sejak tahun 2009 AKB48 rutin menggelar senbatsu sousenkyo (pemilu senbatsu) sekali setahun yang bertujuan memberi kesempatan bagi para fans untuk menentukan sendiri member senbatsu mereka. caranya adalah dengan memberi vote untuk member mereka, dengan mengumpulkan tiket vote yang mereka dapat dari singel tertentu (biasanya satu single sebelum singel soesenkyo). Tentu saja pembelian multi kopi adalah sah, dan satu tiket vote di hitung satu suara.

LANJUT Part 2

2 Responses to “Istilah-istilah dalam dunia AKB48 dan JKT48 part1”

  1. […] saya JKT48 Fans « Istilah-istilah dalam dunia AKB48 dan JKT48 part 1 […]

  2. […] saya JKT48 Fans « Istilah-istilah dalam dunia AKB48 dan JKT48 part 1 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: